Nostalgia Hari Ini: Kalahkan Barcelona, Real Mallorca Raih Trofi Perdana

Banner Gamespool Baru Football5Star

Football5star.com, Indonesia – Prestasi Real Mallorca jatuh bangun beberapa musim terakhir. Beberapa kali mereka terdegradasi dan sempat bertahan lama di Segunda Division.

Sepanjang sejarahnya, prestasi Real Mallorca memang minim. Sampai saat ini mereka hanya mampu meraih dua gelar. Yakni Copa del Rey dan Supercopa Espana.

Kendati demikian, tidak jarang klub yang bermarkas di stadion Son Moix jadi kuda hitam. Pernah pula mereka menembus Liga Champions. Terlebih saat diperkuat beberapa pemain bintang.

real mallorca
liverpoolecho.co.uk

Sebut saja nama-nama seperti Ariel Ibagaza, Fernando Navarro, Pierre Webo, hingga Samuel Eto’o. Mereka merupakan bagian penting di balik kehebatan Mallorca hampir dua dekade lalu.

Salah satu tahun terbaik Mallorca terjadi pada 1998 silam. Pada tahun tersebut klub dengan warna kebesaran merah sukses mengangkat gelar.

Dan gelar itu didapat tepat pada hari ini 23 tahun silam. Baru semusim merasakan kasta tertinggi LaLiga Samuel Eto’o dkk menghadapi Barcelona di Supercopa Spanyol.

Real Mallorca ke Supercopa Sebagai Runner Up

Status Real Mallorca sejatinya sebagai runner upa Copa del Rey. Mereka sebelumnya kalah dari Barcelona di final.

Akan tetapi klub yang bermarkas di Son Moix berhak mengikuti Supercopa Spanyol. Sebab Barcelona yang juara Copa del Rey juga berstatus juara LaLiga.

real mallorca
rcdmallorca1916

Saat itu Supercopa masih berlangsung dua leg. Kedua tim mengantongi agregat 1-1 setelah bermain imbang di Mallorca.

Pada leg kedua yang berlangsung 22 Agustus 1998 di Camp Nou, tim tamu mengejutkan peraih double winner. Disaksikan 55 ribu penonton, Mallorca menghentak lewat gol Dani Garcia pada menit ke-29.

Keunggulan ini membuat klub tampil lebih percaya diri. Sedangkan Barcelona mencoba segala cara untuk menyamakan kedudukan.

real mallorca
thesefootballtimes

Akan tetapi pertahanan rapat tim tamu gagal ditembus skuat Louis van Gaal. Sampai wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya laga skor 1-0 tetap bertahan.

Menang agregat 2-1, Real Mallorca merengkuh trofi Supercopa Spanyol. Itu sekaligus jadi trofi mayor pertama dalam sejarah klub.

Kendati demikian Supercopa Spanyol bukanlah satu-satunya trofi yang dimenangkan. Karena pada musim 2002-2003 klub yang berdiri pada 1916 memenangkan Copa del Rey.

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More