Berkat Aubameyang, Mikel Arteta Urung Cetak Rekor Lebih Buruk

Banner Gamespool Baru Football5Star

Football5Star.com, Indonesia – Arsenal akhirnya memutus start buruk di Liga Inggris musim ini. Sabtu (11/9/2021), gol Pierre-Emerick Aubameyang membawa The Gunners menang 1-0 atas Norwich City. Kemenangan itu membuat manajer Mikel Arteta bisa bernapas lega. Pasalnya, dia hampir saja mencetak rekor lebih buruk.

Seperti diketahui, Arsenal memasuki musim ini dengan buruk. Mereka selalu menelan kekalahan dan gagal mencetak gol dalam tiga pekan awal. Sepanjang sejarah, itu adalah catatan terburuk yang diraih pada tiga pekan awal. Sebelumnya, mereka sempat tak mencetak gol dalam 3 laga awal pada 1904-05 dan 1953-54, tapi sempat sekali seri.

Gol tunggal Pierre-Emerick Aubameyang menghindarkan Mikel Arteta dari rekor lebih buruk di Arsenal.
Getty Images

Gol Aubameyang memutus rekor itu. Andai kembali gagal mencetak gol saja, itu akan jadi rekor baru. Gagal mencetak gol dalam 4 partai awal akan jadi coreng hitam lebih tebal di wajah Arteta. Adapun raihan kemenangan memastikan The Gunners memiliki start lebih baik dari beberapa musim lain.

Setidaknya, tim asuhan Arteta urung mengikuti kisah musim 1907-08 dan 1912-13. Ketika itu, The Gunners hanya meraih 1 hasil imbang dalam 4 pekan awal Liga Inggris. Catatan lebih buruk dibuat pada 1923-24 saat mereka menelan empat kekalahan beruntun.

Mikel Arteta Dibayangi Deja Vu 1921-22

Meskipun demikian, Mikel Arteta tak boleh berpuas diri. Apalagi, Arsenal hanya menang 1-0 atas Norwich. Peracik taktik asal Spanyol itu harus membuka lembaran sejarah The Gunners tepat satu abad ke belakang ketika jabatan manajer dipegang Leslie Knighton. Ada kisah yang agak mirip dengan saat ini.

Pada musim 1921-22, seperti musim ini, The Gunners juga mengawali musim dengan tiga kekalahan beruntun. Bedanya, mereka tidak nirgol. Dalam tiga laga itu, mereka selalu mencetak gol. Pada pekan ke-2, bahkan 2 gol yang mampu dibuat di gawang lawan.

Kisah Leslie Knighton pada 1921-22 di Arsenal harus jadi peringatan buat Mikel Arteta.
Getty Images

Setelah tiga kekalahan beruntun itu, The Gunners memetik kemenangan 1-0 atas Preston North End di Stadion Highbury. Satu-satunya gol dilesakkan Henry Albert White. Namun, setelah itu, mereka mengalami kekalahan beruntun dari Manchester City. Sempat imbang dan menang atas Everton, mereka malah menuai empat kekalahan beruntun.

Mikel Arteta tentu harus mengindari deja vu seabad lalu itu. Dia harus memastikan kemenangan atas Norwich bukan hanya “perhentian sesaat”, melainkan benar-benar start baru Arsenal. Apalagi, dua laga mendatang di Premier League tidaklah mudah. Mereka harus menghadapi Burnley dan Tottenham Hotspur. Patut dicatat, The Gunners tak menang dalam 2 lawatan terakhir ke markas The Clarets. Adapun laga lawan Spurs tidak pernah mudah bagi mereka.

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More